Blog

Pilih Makanan Rendah Kolesterol

smart detox jakarta

Pilih Makanan Rendah Kolesterol

Beberapa orang mengeluh, begitu sukarnya mengatur Cholesterol darah. Mereka telah diet ketat, tak makan daging sapi, kambing, ayam, jeroan ataupun telur, serta cuma makan sayuran dan buah saja. Namun kenapa Cholesterol tak turun juga? Adakah yang salah pada badan mereka? Cholesterol butuh selalu termonitor setiap waktu. Cholesterol keseluruhan mesti kurang lebih mendekati 200 miligram % (setelah itu ditulis mg%, Red.). Umumnya kandungan Cholesterol darah pada wanita serta pria sesungguhnya tak jauh tidak sama, baik Cholesterol totalmaupun Cholesterol LDL (low density lipoprotein = Cholesterol jahat). Tetapi kandungan Cholesterol HDL (hight density lipoprotein = Cholesterol baik) pada wanita condong lebih tinggi dibanding dengan pria. HDL normal pada wanita yaitu 55 mg% serta HDL pada pria 45 mg%. Dengan diet yang pas serta latihan berolahraga teratur, tujuan ini sebenarnya tidaklah terlalu susah untuk diraih. Cuma saja, pada beberapa orang spesifik, dengan lakukan diet yang ketat serta latihan teratur meskipun, belumlah cukup. Kandungan Cholesterol dalam darahnya tetaplah tinggi, sebelumnya konsumsi obat-obatan yang didapatkan dokter. Aspek genetiksering mengakibatkan penanggulangan Cholesterol tak demikian memuaskan. Aspek ini diantaranya dikarenakan sifathiperkolesterolemia, yaituorang yang memiliki rata-rata kandungan Cholesterol cukup tinggi, pada 200350 mg%. Makaorang-orangyang menanggung derita hiperkolesterolemia dalam lakukan diet serta berolahraga mesti dibawah pengawasan dokter. Hiperkolesterolemia memanglah membutuhkan penyembuhan yang lebih agresif. Berapakah sebenarnya kandungan Cholesterol paling tinggi yang diijinkan? Serta bila kandungan Cholesterol melebihi tingkat paling tinggi itu, apa mengakibatkan? Konsensus tentang Cholesterol yang pernah diserahkan oleh Departemen Kesehatan Amerika Serikat yaitu, bila kandungan Kolesterolantara 200240 mg%, mereka memiliki resiko ancaman penyakit jantung koroner 2 x semakin besar di banding bila kandungan Cholesterol meraih 300 mg%. Untuk tersebut kandungan Cholesterol darah butuh dikontrol setiap waktu, baik pada orang yang menanggung derita hiperkolesterolemia ataupun yg tidak. Sebab mencegah tambah baik dari pada penyembuhan. Aspek LingkunganFaktor lingkungan yang begitu bertindak besar pada Cholesterol darah yaitu diet, serta Cholesterol darah begitu punya pengaruh pada terbentuknya aterosklerosis (timbunan zat lemak didalam serta dibawah susunan dalam dindingpembuluh nadi). Hasil riset epidemiologi tunjukkan, diet yang salah bisa mempercepat terjadinya aterosklerosis. Sedang diet yang benar, selaindapat tunda sistem pengapuran, dapat menipiskan pengapuran yang telah berlangsung. Jadi, makan tidak cuma bermakna apa yang disenangi atau tak disenangi, namun bagaimana kita pilih suatu hal yang bermakna untuk badan. Misalnya orang Finlandia yang suka pada daging sapi serta babi guling untuk menghangatkan badan waktu musim salju. Merekajarang makan kacang-kacangan serta biji-bijian. Mengakibatkan, mereka semakin banyak menanggung derita pengapuran koroner. Tidak sama dengan orang Italia yang lebih suka pada kedelai, suka jagung bakar serta kacang tanah ; rata-rata kandungan Cholesterol darah mereka lebih rendah dibanding orang Finlandia. Mengkonsumsi ideal Cholesterol seharinya, sesungguhnya tak ada batasan yang tentu. Cuma saja pakar gizi dari RS Cipto Mangunkusumo merekomendasikan, baiknya tak konsumsi Cholesterol kian lebih 300 mg /hari. Karenanya dibutuhkan pengetahuan yang cukup tentang kandungan beragam type bahan pangan yang memiliki kandungan Cholesterol tinggi. Mengingat Cholesterol dalam darah juga di pengaruhi oleh input lemak pada makanan, terlebih type asam lemak jemu, kandungan asam lemak juga butuh di perhatikan. Kembalike TradisionalKiat pilih makanan rendah Cholesterol yaitu membatasi sumber hewani. Memperbanyak makanan berbahan nabati. Terkecuali tak memiliki kandungan Cholesterol, sumber nabati juga memiliki kandungan bahan aktif non nutrisi yang bisa menurunkan kandungan Cholesterol. Umpamanya isoflafon dari biji-bijian, pektin dari buah serta sayur, dan serat dari biji-bijian, buah serta sayur. Pasti tujuannya bukanlah merekomendasikan pantang sekalipun sumber pangan hewani, tetapi mesti membatasi serta pilih. Daging baiknya yang memiliki serat halus, seperti daging ayam. Bila menginginkan makan daging sapi, tentukan yang tanpa ada lemak. Jauhi otak serta jeroan. Tentukan ikan yang relatif rendah kolesterolnya, di banding kerang-kerangan. Fast food (makanan cepat saji) apapun macamnya, baiknya dikurangi atau dibatasi. Type makanan ini biasanya memiliki kandungan Cholesterol cukup tinggi. Sebagai dasar, bisa diliat hasil analisa beragam makanan fast food dari Australia. Cake coklat sepotong memiliki kandungan 100 mg Cholesterol. Burger type gabungan telur serta keju tiap-tiap jumlah memiliki kandungan 110 mg Cholesterol. Steak dari mulai type chuck steak, rib steak, round steak, hingga rump steak memiliki kandungan rata-rata 100 hingga 200 mg Cholesterol tiap-tiap jumlah. Makanan yang memiliki kandungan keju, apapun macamnya, seperti cheese pizza, burger cheese, cheese omelet, kolesterolnya beragam pada 100 hingga 200 mg per jumlah. Menu tradisional Indonesia yang umum dikonsumsi keseharian, rata-rata memiliki kandungan sedikit Cholesterol. Umpamanya nasi dengan lauk tempe, daging, sayur, buah serta kacang hijau cuma memiliki kandungan Cholesterol sebesar 70 mg. Nasi goreng dengan omelet memiliki kandungan Cholesterol sekitaran 50 mg (datang dari telur). Bila makan malam dengan nasi, sayur bening bayam, kacang merah, dengan lauk tahu, tempe serta ikan asin atau ikan goreng, cuma memiliki kandungan Cholesterol 20 mg. Terang, menjaga menu tradisional begitu membatasi konsumsi Cholesterol. @ Ir. Faisal Anwar, M. Sc., staf pengajar Jurusan Gizi Orang-orang serta Sumberdaya Keluarga, IPB